Pages

Blogger Themes

Selasa, 04 Juni 2013

PROPOSAL KE GUBERNUR

BALE KREATIF PEMUDA
DESA DENGGEN TIMUR KECAMATAN SELONG LOMBOK TIMUR NTB
Alamat : Jalan Gunung Timba-Desa Denggen Timur Kec. Selong Kode Pos 83612 Lombok Timur


Nomor                        : 03/BKP-DDT/IV/2013
Lampiran       : 2 Lamp (proposal)
Perihal            : Mohon Bantuan Dana
            Kepada :
            Yth. Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat
                        Di –
                                    Tempat
Bismillahiwabihamdihi
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita sehat Wal Afiat sehingga kita dapat menunaikan  kewajiban dan tanggung jawab sebagai hambanya, shalawat dan salam kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW. Teriring Do’a semoga Bapak Gubernur selalu dalam keadaan sehat, serta sukses dalam memimpin daerah Nusa Tenggara Barat menuju daerah yang beriman dan berdaya saing (Bersaing).
Sehubungan dengan adanya program kerja Bale Kreatif Pemuda (BKP) di  Desa Denggen Timur untuk ikut serta dalam mengembangkan kreatifitas pemuda desa. Dan sebagai bukti dukungan terhadap program pemerintah khususnya dalam bidang pemberdayaan pemuda desa. Kami bermaksud untuk mengadakan Perpustakaan dan Usaha Kandang Kolektif. Program ini membutuhkan sarana serta dukungan moril dan materil dari pemerintah dan semua lapisan masyarakat, maka dengan ini kami mohon dukungan dan bantuan kepada Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat demi kelancaran dan kesuksesan program yang dicanangkan Bale Kreatif Pemuda tersebut.
Demikian surat permohonan bantuan ini kami sampaikan dengan harapan semoga bapak Gubernur dapat mengabulkanya. Dan atas perhatian dan bantuan bapak Gubernur kami haturkan terimakasih .
Wallohul muafiqu wal hadi ila sabilirrosyad
Assalamu’alaikum wr.wb.
Denggen Timur, 14 April 2012
Pengurus Bale Kreatif Pemuda

Ketua,



(AHMAD MASHAR, S.Pd)
Sekretaris,



(ALFAN MURSIDIN, S.Pd)

Mengetahui

Kepala Desa Denggen Timur




(H. N U R L A T I F)




PROPOSAL

A.      PENDAHULUAN
Segala puji bagi Allah SWT. Dengan rahmat-Nya, sempurnalah yang baik. Dengan karunia-Nya, turunlah segala kebaikan. Dan dengan taufik-Nya, tercapailah segala tujuan. Bagi Allah juga segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh apa saja yang dikehendaki-Nya.
Shalawat dan Salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW. Sebagai pendidik dan pembawa petunjuk, sebagai hujjah atas semua manusia untuk menyempurnakan akhlak mulia, mengeluarkan dunia dari kegelapan menuju cahaya dan menuntun kita ke jalan Allah yang lurus. Semoga Shalawat dan Salam juga terlimpahkan kepada keluarga Nabi SAW, para sahabatnya dan orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari pembalasan.
Pendidikan yang tepat dan berhasilguna adalah pendidikan yang melibatkan anak didik, pemuda dan masyarakat dalam proses berpikir, mencari, menemukan, mengolah dan penyimpulan sendiri melalui sumber belajar. Mendidik pada hakikatnya adalah kegiatan menumbuhkan motivasi dan penyediaan sumber-sumber belajar. Salah satu sumber belajar yang telah mendapatkan pengakuan sebagai wahana yang tepat dan hasilguna adalah Perpustakaan. Perpustakaan  menyediakan bahan pustaka yang sangat berguna bagi pelaksanaan dan peningkatan proses belajar untuk mengembangkan nilai-nilai baik dan sifat demokratis, ekonomis, kritis, kooperatif, kreatif, inovatif dan disiplin pribadi, dan sikap yang dipandang terpuji dalam pergaulan masyarakat.
Pendidikan akan bernilai guna ketika apa yang telah dipelajari dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengembangan yang dilakukan dapat dirasakan mamfaatnya baik itu secara moril dan materil. Untuk mewujudkan itu, dalam hal ini kami berencana mengembangkan usaha kandang kolektif sebagai roda penghasilan para pemuda. Dan nanti mamfaatnya dapat juga dirasakan oleh semua unsur masyarakat. Keberadaan usaha kandang kolektif Ini akan sangat memberi pengaruh terhadap peningkatan kualitas ekonomi masyarakat desa dan membantu program pemerintah Provinsi untuk mengurangi kemiskinan di daerah Nusa Tenggara Barat. Dari usaha kandang kolektif ini kami selaku pemuda berharap dapat ikutserta berperan aktif membantu pemerintah Provinsi untuk program pemerintah kedepannya.
Dan dalam rangka ikut serta meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan masyarakat di Desa Denggen Timur Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur, baik fisik maupun mental, maka kami bermaksud menambah koleksi buku di Perpustakaan Bale Kreatif Pemuda dan usaha Kandang Kolektif yang kami kembangkan secara mandiri. Karena keterbatasan kami dalam menanggung beban dana pengembangan perpustakaan dan usaha Kandang Kolektif, maka bersama ini dengan hormat mengajukan permohonan bantuan kepada Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat.
B.      LATAR BELAKANG
Pemuda adalah penggerak perubahan dan terkadang menjadi penentu suatu keputusan. Pemikirannya yang cemerlang dan semangat yang energik menjadi pembeda dari generasi yang lain. Modal ini mempersiapkan pemuda untuk selalu melangkah maju. Kehadiran pemuda menjadi pusat perhatian dari semua kalangan. Mulai dari tingkat nasional bahkan sampai unsur tekecilnya yaitu masyarakat. Dari pemuda kota hingga pemuda desa. Tetapi tidak ada bedanya semuanya menyatu atas nama pemuda.
Keberadaan pemuda di tengah masyarakat sangat membantu kegiatan kemasyarakatan. Dengan demikian, pemuda menempatkan dirinya menjadi elemen penting ditengah pergaulan dan proses interaksi sosial sehingga perannya dapat memberi solusi atas masalah yang dihadapi masyarakatnya. Sigap, cepat menemukan dan mengolah informasi untuk membenahi kondisi masyarakat.  Berani mendobrak hal yang tidak mungkin akan dilakukan oleh masyarakat. Memberi pandangan untuk mengubah tradisi lama menjadi sesuatu yang sesuai dengan zaman yang lebih memberikan banyak maamfaat. Ini sangat lumrah terjadi karena semangat pemuda itu seperti bongkahan karang yang kokoh walau ombak terus menerpa tiap waktu.
Dari proses perkembangannya itu pemuda mampu bergerak untuk memberikan ruang atau solusi terhadap sesama pemuda. Semangat ini yang kemudian menggerakan pemuda yang bernaung di Bale Kreati Pemuda (BKP) untuk memperdayakan pemuda – pemuda desa. Pemuda desa perlu diberdayakan untuk mempersiapkan generasi yang inovatif dan mandiri. Karena kita pahami pada generasi mudalah tanggung jawab akan dibebani pada masa-masa yang akan datang. Oleh sebab itu mulai saat ini para generasi  muda harus dipersiapkan dengan berbagai terobosan untuk mengkader meraka menyikapi hidup yang lebih mandiri. Maka menurut hemat kami salah media untuk pengkaderan itu melalui peningkatan pengetahuan yang dapat diperoleh dari Perpustakaan Desa yang coba kita kembangkan dan media yang lain adalah pembukaan ruang kerja yang sesuai dengan bidang pemuda itu, sebab jika pemuda sudah terbiasa menghasilkan kebutuhan sendiri maka kesiapan mereka untuk mengatasi hidup lebih mandiri. Dan dari pandangan ini kami berencana mengadakan usaha kandang kolektif berupa ayam petelur.
Desa Denggen Timur merupakan salah Desa yang baru mekar melalui program pemerintah Kabupaten Lombok Timur.  Sebagai desa baru maka sarana dan fasilitas masih sangat kurang. Ini berdampak pada andil pemuda Desa membantu pemerintah provinsi akan sangat kurang sedangkan potensi pemuda cukup baik. Kekurangan-kekurangan tersebut juga akan berdampak pada masyarakat desa khususnya di Desa Denggen Timur. Oleh sebab itu, kami berharap dari Bapak Gubenur untuk memberi bantuan sesuai dengan program yang kami laksanakan di Bale Kreatif Pemuda (BKP).
C.      DASAR PEMIKIRAN
1.      Mensukseskan program Gerakan Angka Buta Aksara Nol (ABSANO) Pemprov NTB.
2.       Desa Denggen Timur merupakan desa yang baru mekar sehingga sarana penunjang seperti Perpustakaan perlu dikembangkan dan usaha Kandang Kolektif sangat perlu untuk diadakan.
3.      Program kerja Pengurus Bale Kreatif Pemuda Denggen Timur.
4.      Perpustakaan adalah ruang interaksi ilmiah untuk pemberdayaan pemuda dan masyarakat desa guna mewujudkan masyarakat madani yang berakhlak mulia, berbudaya, menghormati pluralisme dan kesetaran gender.
5.      Perpustakaan sebagai wahana penyerapan informasi dan pengkaderan generasi yang tangguh pada masa yang akan datang.
6.      Kandang kolektif merupakan pengembangan usaha untuk mengurangi pengangguran dan membuka lapangan kerja mandiri.
7.      Kandang kolektif dapat meningkatkan kualitas ekonomi pemuda desa dan masyarakat secaara umum.
8.      Usaha kandang kolektif bagian dari keikutsertaan pemuda desa dalam mensukseskan program pemprov mengurangi kemiskinan.
9.      Perpustakaan sebagai sumber informasi dan Kandang Kolektif sebagai implementasi dari informasi yang diperoleh pada perpustakaan yang ada di desa.
D.     BENTUK KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN
Program yang dilaksanakan oleh pemuda Bale Kreatif terdiri dari 2 program di antaranya :
1.      Perpustakaan (Penambahan Koleksi Buku dan sarana penunjang)
2.      Kandang Kolektif
E.      PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Dalam menjalankan program kerja Bale Kreatif Pemuda (BKP) banyak sekali kendala yang dihadapi. Hal ini membuat program yang telah tersusun menjadi terhambat terutama pada masalah-masalah yang sangat vital. Adapun masalah- masalah yang dihadapi antara lain :
1.      Perpustakaan
a.       Kekurangan buku-buku koleksi yang menjadi sumber informasi
Antara lain :
b.      Sarana penunjang yang belum lengkap
2.      Kandang Kolektif
Secara umum kendala yang dihadapi dalam pengadaan usaha kandang kolektif yaitu Ketersediaan modal usaha yang belum ada.
F.      TUJUAN DAN SASARAN
a.       Tujuan
·         Perpustakaan
Adapun yang menjadi tujuan dari program kepemudaan ini adalah
1.      Menjadi salah satu perangkat kelengkapan pendidikan bersama dengan kelengkapan-kelengkapan lainnya, guna meningkatkan kecerdasan, keterampilan, daya nalar, kualitas kerja dan semangat untuk merubah pemikiran menjadi lebih kreatif, tangguh dan inovatif serta bertanggung jawab pada diri sendiri dan masyarakat luas.
2.      Membantu pemerintah dalam mengentaskan Buta Aksara Menuju Nol (ABSANO).
3.      Meningkatkan minat dan kebiasaan membaca.
4.      Meletakkan dasar-dasar ke arah pengembangan mandiri
5.      Mengembangkan kemampuan mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan.
6.      Sebagai ruang pembelajaran untuk mengembangkan usaha-usaha mandiri dan usaha kelompok.
7.      Meningkatkan pemberdayaan pemuda dan masyarakat.
·         Kandang Kolektif
1.      Membuka lapangan kerja mandiri
2.      Pemberdayaan pemuda desa
3.      Meningkatkan kualitas ekonomi pemuda dan masyarakat desa.
4.      Membangun semangat kebersamaan.
5.      Meningkatkan kualitas hidup.
6.      Media pengkaderan pemuda.
b.      Sasaran
Adapun yang menjadi sasaran kedua program ini adalah anak-anak, pelajar, pemuda dan seluruh elemen masyarakat lainnya dan khususnya yang berada di Desa Denggen Timur.
G.      LOKASI
Kedua agenda program akan dilaksanakna di Dusun Gunung Timba Desa Denggen Timur Kecamatan Selong Lombok Timur yang merupakan desa yang baru mekar dari desa induknya di Denggen.
H.     SUSUNAN KEPENGURUSAN
Adapaun susunan kepengurusan Bale Kreatif Pemuda terlampir.
I.        RENCANA ANGGARAN
Terlampir
J.        PENUTUP
Demikian proposal permohonan bantuan ini kami buat. Besar harapan kami sekiranya bapak Gubernur NTB dapat memberikan bantuan sebagai bentuk kepedulian dan dukungannya terhadap program yang kami rencankan. Atas perkenan bapak Gubernur kami samapaikan terima kasih.

Denggen Timur, 14 September 2012

Pengurus Bale Kreatif Pemuda

Ketua,



(AHMAD MASHAR, S.Pd)
Sekretaris,



(ALFAN MURSIDIN, S.Pd)

Mengetahui,
Kepala Desa Denggen Timur



(H. N U R L A T I F)



 Lampiran 1
SUSUNAN KEPENGURUSAN
BALE KREATIF PEMUDA (BKP)

Pelindung       :
1.      Camat Selong Kabupaten Lombok  Timur
2.      Kepala Desa Denggen Timur
Penasehat      :
1.      KADUS se-Desa Denggen Timur
2.      MUHAMMAD TUHIR, M.Pd
3.      BURHANUDIN, S.Pd
Ketua              : AHMAD MASHAR, S.Pd
Sekretaris       : ALFAN MURSIDIN, S.Pd
Bendahara     : ABDURROSYID
DIVISI
1.      PENDIDIKAN dan AGAMA
Koord    : Fathul  Aziz Syatori, Q.H
Anggota : 1. Ahmad Yusri, Q.H
 2. Siti Nurlaila Jum’ati S.Pd
 3. Faisal Ali
6.  ADMINISTRASI dan INVENTARISASI
Koord : Mahusin, S.Pd
Anggota: 1. Azwan Nizal Fikri
 2. Wardatul Uyun
  3. Jumratul  Aini
2.      PENGKADERAN
Koord : Sehabudin, S.Pd
Anggota: 1. M. Zainuddin, S.Pd
2. Saiful Anwar, S.Pd
7. SENI, SOSIAL dan BUDAYA
Koord : Yuyun Asriati
Anggota: 1. Siti Nurhamidiyah
 2. Misrahudin, S.Pd.I
 3. Jaswari Satria Jaya
3.       EKONOMI & WIRAUSAHA
Koord : M. Azwar Muzakki, A.Md
Anggota: 1. Ahmad Jailani, S.E
 2.  Irmawan
3.  Novi Sopia
8.  PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
Koord : Erni Mariani, S.Pd
Anggota: 1. Nirmala hidayati
 2.  Supianti
  3. Juhrol Aini
4.      Humas, Komunikasi dan Informasi
Koord : Ahmad Yani
Anggota: 1.  Nasrullah, S.H
 2.  Taufikurrahman
 3. Suriadi
9. KESEHATAN dan OLAHRAGA
Koord : Habibi Kusuma Atmaja, S.Pd
Anggota: 1. Zainal Arifin
 2. Jumratul Adawiyah
 3. Suhaimi
5.      SAINS dan TEKNOLOGI
Koord : Amirul Hilmi, S.Si
Anggota: 1. Ahmad Humaidi, S.T
2. Suhardi



Lampiran 2
I.                    RENCANA ANGGARAN BIAYA
 NO
Nama BArang
Jumlah (Unit)
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
A
Perpustakaan
1
Buku Bacaan
750
25.000
 18.750.000
2
Rak buku
2
        750.000
   1.500.000
3
Meja Baca
2
250.000
      500.000
4
Kursi
10
30.000
      300.000
5
Komputer
1
4.000.000
   4.000.000

 Jumlah A (1 +2+3+4+5)
 25.050.000
B
Kandang Kolektif
1
Indukan Ayam (arab)
500
50.000
25.000.000
2
Biaya Kandang (lengkap)
1
           _
30.325.000
3
Sewa Lahan
5 are

  5.000.000
4
Biaya Pakan



Konsntrat
250 kg
6.500
 1.625.000
Jagung
500 kg
3.500
 1.750.000
Dedak
750 kg
2.000
 1.500.000
Mineeral
20 sst
5.000
    100.000

Jumlah B (1 +2+3+4)
65.300.000
         J   U   M   L   A   H            (  A   +   B  )
90.350.000

II.                  SUMBER DANA
NO
SUMBER DANA
JUMLAH
1
Sudaya Anggota
                    15.225.000
2
Pemerintah Desa
                      2.825.000
3
Pemerintah Kecamatan
                      3.625.000
4
Pemerintah Daerah
                    63.425.000
5
Lainnya
                      5.250.000
        J   U   M   L   A   H
         90.350.000

Pengurus Bale Kreatif Pemuda

Ketua,



(AHMAD MASHAR, S.Pd)
Sekretaris,



(ALFAN MURSIDIN, S.Pd)

1 komentar:

  1. Casino in Bally's Casino - Goyang FC
    Casino in 승부예측사이트 Bally's Casino is a great place for gaming bet365 com au and a ibet789 sports betting asian handicap place to play 여캠 노출 사고 and stay. It is located near the 토토 사이트 홍보 게시판 entrance to the Bally's

    BalasHapus