Pages

Blogger Themes

Rabu, 05 Juni 2013

LAPORAN KKN TAHUN 2012

BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
KKN atau Kuliah Kerja Nyata  merupakan suatu bentuk mata kuliah yang harus ditempuh sebagai seorang mahasiswa pada saat dan waktu tertentu sesuai dengan ketetapan prguruan tinggi yang bersangkutan. Setiap perguruan tinggi memiliki tridarma, dimana yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Maka bentuk pengabdian kepada masyarakat tersebut perguruan tinggi menerapkan program KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) yang merupakan suatu bentuk mata kuliah yang harus di tempuh oleh setiap mahasiswa.
Jika dilihat dari bentuk mata kuliah tersebut, tentunya mahasiswa dituntut untuk melakukan sebuah kerja nyata sebagai aplikasi dari ilmu yang diproleh d
i perguruan tinggi yang bersangkutan. Bentuk kerja nyata yang akan dilakukan mahasiswa harus terprogram, memiliki tujuan, sasaran, dan target yang ingin dicapai setelah melakukan kerja nyata tersebut. Karena hal-hal yang demikian sangat diharapkan oleh semua pihak, baik dari pihak Lembaga perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat.
Karena KKN merupakan suatu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa yang berbentuk program dan merupakan ketetapan dari setiap perguruan tinggi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat atau pengamalan tridharma perguruan tinggi. Maka perguruan tinggi STKIP ( Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ) Hamzanwadi Selong  pada tahun ajaran 2012/2013 ini, melaksanakan program KKN yang bergerak dibidang Kependidikan atau KKN-K ( kuliah kerja nyata kependidikan ) untuk mahasiswa semester VII angkatan tahun 2009/2010 yang tertuju kepada kami yang menyusun laporan ini.
Maka salah satu bentuk kewajiban kami yang sudah melaksanakan kegiatan KKN-K ini yaitu menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan KKN-K yang sudah ditetapkan dari perguruan tinggi kami. Kegiata KKN-K (kuliah kerja nyata kependidikan) ini kami laksanakan terutama di SMA NW Tebaban dan kegiatan KKN-K tambahan di Masyakat sekitar Tebaban Barat, Desa Tebaban Kec. Suralaga (sekitar lokasi posko). Dengan inilah sehingga kami berikhtiar menyusun laporan pelaksanaan  kegiatan KKN-K. Tentunya semoga laporan yang kami sampaikan ini bisa diterima oleh semua pihak. Amien

B.     TUJUAN
1.    Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang kerja nyata  di sekolah atau madrasah lokasi KKN-K yang bermanfaat dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keahlian kerja fisik masing-masing.
2.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan masyarakat, sekolah atau madrasah  yang terkait dengan masalah sosial kemasyarakatan yang bisa diatasi dengan suatu bentuk kerja fisik.
3.    Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner dalam bentuk kerja fisik bagi kehidupan nyata di masyarakat, sekolah dan madrasah.
4.    Memacu pengembangan masyarakat, atau sekolah dengan cara mendorong dan menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri dalam menyelesaikan problem mendasar yang dihadapi mereka dengan kemampuan skill fisik maupun non fisik.
5.    Meningkatkan hubungan kemitraan antara STKIP Hamzanwadi Selong dengan pemerintah daerah , sekolah dan masyarakat.

C.      MANFAAT
1.    Bagi Mahasiswa
a.       Menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang permasalahan sosial kemasyarakatan yang bisa diatasi dengan kerja fisik dan kemampuan skill yang dimiliki.


b.      Memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan dan  pendidikan yang ada di sekolah dan masyarakat dalam bentuk kerja fisik dan non fisik.
c.       Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah sosial kemasyarakatan dan pendidikan yang ada di sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar.
d.      Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk mengatasi permasalahan sosial kemasyarakat yang ditangani dengan bentuk kerja fisi melalui skill yang dimiliki di sekolah dan masyarakat.
e.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berperan sebagai motivator, dinamisator, dan membantu pemikiran masyarakat lingkungan sekolah sebagai problem solver.
f.        Memperpendek study mahasiswa
2.    Bagi Sekolah atau Masyarakat
a.       Memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan propesional dan berkualitas dalam bidang kerja
b.      Mendapatkan bantuan pemikiran tenaga, ilmu, dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanakan pengenmbanga sekolah atau lembaga dan permasalahan sosial kemasyarakatan.
c.       Meningkatkan hubungan kemitraan antara STKIP Hamzanwadi Selong, Pemerintahan daerah, Masyarakat atau sekolah.
d.      Meningkatkan hubungan sosial kemasyarakatan dilingkungan sekitar sekolah.
3.    Bagi STKIP Hamzanwadi Selong
a.       Memperoleh umpan balik dari sekolah atau lembaga guna mempersiapkan sarjana yang mampu berkerja secara fisik dengan memiliki skill dan IPTEK  sesuai dengan kebutuhan sekolah dan masyarakat.

b.      Memperoleh berbagai sumber pengalaman dan menemukan berbagai permasalahan untuk pengembangan penelitian dan kualitas mahasiswa yang prosfesional.
c.       Terjalin kerjasama yang lebih baik dengan pemerintahan daerah dan instansi instansi terkait untuk pengembangan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

D.     SASARAN
Tentunya didalam pelaksanaan kegiatan KKN-K yang kami laporkan ini, mempunyai sasaran pelaksanaan kegiatan yang telah terlaksana.Adapun sasaran pelaksanaan kegiatan KKN-K yang kami tuju yaitu kepada :
1.    SMA NW Tebaban yang mrupakan sasaran pertama sebagai tempat pelaksanaan KKN-K dan
2.    Masyarakat sekitar Tebaban Barat, Desa TebabanKec. Suralaga (sekitar lokasi posko) sebagai sasara pelaksanaan KKN-K dalam rangka membantu masyarakat didalam persoalan sosial kemasyarakatan dan kependidikan.




BAB II
GAMBARAN UMUM

A.     DESKRIPSI WILAYAH
1.     SMA NW Tebaban
SMA NW TEBABAN merupakan salah satu dari beberapa sekolah menengah atas yang beralamatkan  di Kec. Suralaga, jalan raya Tebaban namun demikian tak urung ternyata sebagian kecil siswa-siswinya berasal dari luar Kec. Suralaga.
Sekolah ini didirikan pada tahun 2006. Masa beroperasi yang relative singkat semakin membuat sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah menengah atas lainya  di sekitar Kec. Suralaga.
Dari kondisi fisik yang kami temukan berdasarkan survei terlihat bangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran cukup lengkap. Terlihat juga bangunan baru berlantai 2 sebanyak 2 lokal,yang diprogramkan selama 1Tahun. Namun ada juga beberapa ruangan yang masih perlu untuk diadakan, seperti WC Siswa, taman halaman kelas, perpustakaan dan Kopsis. Kerapian penataan kelas seperti kaligrafi dan papan nama kelas serta ruangan lainnya masih belum cukup lengkap. Selain dari itu sarana dan prasaran fisik maupun non fisik, seperti papan tulis, bangku, meja dan sebagainya sudah tergolong cukup lengkap dan bagus.
Adapun pelaksanaan PPL STKIP HAMZANWADI Selong dilakukan disekolah/ madrasah yang sudah menyandang status terakreditasi dengan melibatkan banyak pihak, yakni lingkungan sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah, pendidik pamong, DPL, dan mahasiswa. Dengan melihat status sekolah. SMA NW Tebaban termasuk bagian dari sasaran lokasi pelaksanaan PPL STKIP HAMZANWADI Selong.
SMA NW Tebaban yang merupakan salah satu sasaran lokasi pelaksanaan PPL STKIP HAMZANWADI Selong jika dilihat dari kondisi riil sekolah, madrasah tersebut terletak di pinggir jalan yang bernama jalan raya Tebaban kecamatan Suralaga yang berada di bawah naungan pondok pesantren Hidayatul Ikhsan NW Tebaban. Meskipun demikian, SMA NW Tebaban sudah memiliki sarana  yang cukup memadai   yaitu sudah memiliki  gedung sendiri akan tetapi dari segi prasarana SMA NW Tebaban masih tergolong kurang khususnya  prasarana fisik yang mendukung terlaksananya proses kegiatan belajar mengajar.
Disamping itu, dilihat dari jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan atau pendidik dan tata usaha, data terakhir tahun 2012/2013 jumlah keseluruhannya adalah 20 orang. Rata-rata pendidik di SMA NW Tebaban, sudah memiliki kualifikasi akademik. Hal itu dapat dilihat dari gelar yang disandang yakni rata-rata sudah lulusan Sarjana Strata Satu (S1). Selanjutnya, keadaan siswa tahun pembelajaran tersebut diatas jumlah totalnya adalah 91 orang dengan rincian laki-laki berjumlah 32 orang dan perempuan 59 orang.
1.    Proses Belajar Mengajar (PMB)
Kegiatan pembelajaran berlangsung selama 6 hari mulai dari hari senin sampai hari sabtu, sementara dihari minggu libur. Selanjutnya  dari pukul 07.15 sampai 13.30 WITA.
2.    Keadaan Siswa
Di SMA NW Tebaban kebanyakan siswanya berasal dari sekitar desa Tebaban, kecamatan Suralaga dan sebagian kecil dari luar desa tebaban dan kecamatan suralaga seperti desa Gerung kecamatan Suralaga, desa Sukamulia kecamatan Sukamulia dimana mata pencaharian orang tua mereka kebanyakan buruh tani dan TKI. Siswa siswi SMA NW Tebaban kebanyakan warga organisasi Nahdlatul Wathan (NW). Kemampuam siswa rata-rata sedang ke bawah. Siswa sering tidak masuk karna kurangnya kesadaran mereka akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan mereka bahkan ada yang sekolah hanya 4 hari perminggu serta ketidakak disiplinan siswa dalam Proses Belajar Mengajar.
Adapun tentang profil sekolah akan dijabarkan sebagai berikut. Secara umum letak geografis SMA NW TEBABAN  adalah
·      Sebelah timur    dibatasi oleh jalan raya
·      Sebelah selatan : dibatasi oleh rumah-rumah warga
·      Sebelah barat    : dibatasi oleh rumah-rumah warga
·      Sebelah utara     : dibatasi oleh sawah-sawah warga:
A.  PROFIL SEKOLAH
a.  Nama Sekolah                               : SMA NW Tebaban
b.   Alamt Sekolah                  : Jalan Raya Tebaban
c.   Kecamatan                                    : Suralaga
d.   Kabupaten                                   : Lombok Timur
e.   Propinsi                            Nusa Tenggara Barat
f. Tahun berdiri                                 : 2003
g. Yayasan /Badan Penyelenggara: Ponpes Hidayatul Ikhsan      NW Tebaban
h.  SK Pendirian Sekolah                    :NO.421.1/47449/PKIV/2004 ( Tahun 2006Telah melakukan Akreditas yang  pertama)
i.   Status Gedung Sekolah               
ü  Status                                      : Gedung Sendiri
ü   Keadaan Gedung Sekolah    : Baik
ü  Jumlah Ruang belajar                        : 45 Ruang
ü   Jumlah Kelas Binaan                        : 4 Kelas

v  VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN SEKOLAH
1.     Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Visi : “Berilmu, Terampil dan Religius”
Misi :
a.       Mengadakan peningkatan dan Mutu Pendidikan dengan mengintensifkan bahan dan teknik pembelajaran yang menarai, efektif, efisien, kesesuaian bahan serta tehniknya.
b.      Mengadakan pembelajaran dan bimbingan secara Reguler maupun tambahan belajar sore secara efektif sehingga potensi yang dimiliki Siswa dapat berkembang secara potensial.
c.       Motivasi seluruh warga sekolah melalui bermacam-macam strategi sehingga semangat kerja tumbuh dengan dasar Ikhlas.
d.      Meningkatkan peranan Guru BP/ BK agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa kekurangan dalam membantu Siswa dalam kesulitan.
e.       Menumbuh kembangkan suasana kehidupan yang Religiusdi Sekolah agar tingkat berfikir dan bertindak dapat dilaksanakan secara arif.
f.        Menumbuh kembangkan sikap Proaktif semua warga sekolah yang di dasari semangat Demokrasi dalam upaya menciptakan budaya kerja dan budaya kerja dan budaya bealajar yang Produktif.
g.       Mengembangkan keterampilan hidup yang didasarkan pada kebutuhan dunia kerja.
h.      Menyiapkan Pribadi Siswa yang siap terjun ke dunia kerja dengan bekal keterampilan.
2.    Tujuan :
a.       Menemukan cara serta teknik pembelajaran yang menarik, efektif, efisien dan kesesuaian bahan serta metode dengan kebutuhan masyarakat.
b.      Dapat mengikuti lomba-lomba Bidang Studi di tingkat Kabupaten dan Propinsi.
c.       Pada tahun 2011 diharapkan sudah memiliki Fasilitas pendukung pembelajaran, terutama perpustakaan, laboratorium yang nantinya dapat meningkatkan kualitas keilmuan siswa.
d.      Lulusan memiliki sebuah Keterampilan Hidup yang dapat dikembangkan ditengah masyarakat setempat.
e.       Lulusan memiliki sikap dan prilaku yang sesuai dengan ajaran dan syareat agama.
3.    Rencana dan Program
Untuk mewujudkan visi dan misi serta tujuan yang tersebut di atas maka ada beberapa rencana dan program yang akan dilakukan antara lain:
1.    Rencana       :  Meningkatkan Nilai UAN
2.    Sasaran      :  Meningkatkan Nilai Kelulusan siswa dari rata-rata 4.50     menjadi 5.50
Untuk terlaksananya kegiatan di atas maka dilakukan beberapa rencana program sebagai berikut
1.    Melaksanakan MGMP Sekolah
Rincian Kegiatan Tersebut
-          Pembuatan Modul Pembelajaran ( khususnya 6 pelajran yang di UN-kan )
-          Melakukan pendalaman materi yang dianggap sulit ( Les )
-          Menyusun Silabus/ RPP dan lembar kerja siswa
2.    Pengiriman guru-guru bidang studi untuk melakukan MGMP Regional Rincian kegiatan:  Pengiriman guru bidang studi ke MGMP regional yang dilaksanakan pada beberapa sekolah tertentu yang di tunjuk sebagai pelaksana
3.    Meningkatkan disiplin siswa
Rincian Kegiatan:
-          Mengamati setiap pelanggaran yang sering dilakukan siswa
-          Menyusun tata tertib, tindakan dan sanksi yang diberikan kepada siswa apabila melakukan pelanggaran
-          Menyusun laporan pelanggaran
-          Melakukan Kegiatan Ekstarakulikuler untuk meningkatkan kedisiplinan siswa

v  IDENTITAS KEPALA SEKOLAH
1. Nama                   :  H. Abdul Gafur, S.Pd.
2. NIP                                   :  -
3. Pendidikan Terakhir:  Setara 1( SI )
4. Jurusan                :  Pendidikan MIPA Prodi Matematika

 v  ANALISIS SWOT
1.      KEKUATAN
1.1        Motivasi belajar siswa tinggi
1.2        95 % pendidik berkualifikasi S1
1.3        Memiliki perpustakaan, Lab. komputer
2.    KELEMAHAN
2.1.      90 % siswa berasal dari keluarga kurang mampu
2.2.      Motivasi Pendidik dan Tenaga kependidikan rendah
2.3.      Disiplin Pendidik dan Tenaga kependidikan  rendah
2.4.      Penguasaan pendidik tentang kurikulum rendah
2.5.      Penguasaan TIK  Pendidik dan Tenaga kependidikan rendah
2.6.      Penguasaan bahasa Inggris Pendidik dan Tenaga kependidikan rendah
2.7.      Kesejahteraan tenaga tidak tetap ( PTT dan GTT ) rendah
2.8.      Tata ruang sekolah jelek  ( kurang representatif )
2.9.      Jumlah RKB lebih kecil dari jumlah Rombel
2.10.  Kondisi bangunan Lab. Komputer tidak memadai dan tidak nyaman
2.11.  Tidak ada ruang sirkulasi antar kelompok bangunan
2.12.  Ruang baca perpustakaan sempit
2.13.  Jumlah dan jenis buku kurang
2.14.  Jumlah dan jenis media pendidikan kurang
2.15.  Daya listrik kurang
2.16.  Kondisi taman sekolah belum tertata secara maksimal
2.17.  Tidak memiliki aula serbaguna
3.   PELUANG
3.1.      Pendidikan orang tua siswa lebih dari 75 % SLTA ke atas
3.2.      Alumni sudah banyak yang banyak melanjutkan pendidikan tinggi
3.3.      Dunia usaha dan dunia industri banyak melirik sekolah sebagai segmen pasar

4.   TANTANGAN
4.1.      Dana operasional sekolah dari pemda masih kurang memadai
4.2.      Perhatian Pemda dan DPRD terhadap pendidikan masih kurang
4.3.      Akses internet di Lombok Timur masih sangat terbatas
4.4.      LSM dan Media kurang berpihak pada pengelola sekolah

2.     Masyarakat Tebaban Barat Desa Tebaban, Suralaga
Tebaban Barat terletak di Desa Tebaban Kecamatan Suralaga.. Dusun tersebut berbatasan bagian utara dengan Kampung Kerongkong, Selanjutnya mengenai kehidupan kemasyarakatan di Tebaban Barat tersebut cukup baik, sikap yang ramah tamah, peduli pendidikan dan kegiatan sosial. Rata-rata masyarakatnya bekerja dibidang pertanian dan  perdagangan sehingga tingkat perekonomiannya tergolong cukup baik.
Masalah pendidikan di Tebaban Barat masyarakatnya sudah sangat perduli terhadap pendidikan lebih-lebih pendidikan agama dan moral pada anak-anak mereka. Salah satu bentuk keperdulian masyarakat terhadap
pendidikan agama dan moral adalah bangunan Mushalla di pinggir jalan menuju Dusun Tebaban Daya dan desa Banjar yang cukup sederhana, yang diisi dengan kegiatan belajar mengaji.

B.     MASALAH UMUM WILAYAH
1.     SMA NW Tebaban
Setelah dilakukannya survey terhadap lokasi KKN yaitu SMA NW Tebaban, ada beberapa kekurangan sarana dan prasaran dalam bentuk fisik yang merupakan bagian dari keindahan sekoah tersebut yaitu masalah papan nama kelas dan ruangan lainnya terlihat belum dibenahi. Selain itu juga penataan taman dan halaman kelas. Khusus di lantai 1 bangunan baru. Hal lain juga terlihat tumpukan kayu-kayu bekas dan batu-bata bekas renovasi pembangunan gedung mengurangi keindahan dan kerapian sekolah tersebut. Serta kurangnya kedisiplinan dalam pelaksanaan efektifitas sekolah baik dikalangan siswa maupun tenaga pendidik.

2.     Masyarakat Tebaban Barat Desa Tebaban, Suralaga
Setelah dilakukannya observasi pada masyarakat Tebaban Barat terdapat satu permasalahan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar yaitu masih minimnya tenaga pendidik atau guru baca al-qur’an ( guru ngaji ) yang lebih profesional didalam memberikan metode pembelajaran baca al-qur’an di Mushalla Tebaban Barat dan kurangnya minat belajar siswa tingkat SD Tebaban Baratyang merupakan generasi penerus.

C.      IDENTIFIKASI MASALAH
1.     SMA NW Tebaban
Dari uraian masalah umum yang ditemukan di SMA NW Tebaban tersebut, maka permasalahannya dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
a.       Kurang lengkapnya papan nama setiap kelas dan ruangan lainnya.
b.      Kondisi taman di lantai satu bangunan baru masih belum diadakan.
c.       Masih menumpuknya reruntuhan bekas pembangunan Ruang kelas baru.
d.      Pelaksanaan ekstrakurikuler masih kurang begitu efektif
e.       Kesadaran akan kedisiplinan baik siswa maupun tenaga pendidik masih kurang.
f.        Jiwa nasionalisme ditataran sekolah kurang begitu mmenjiwai.
g.       Bimbingan terhadap siswa untuk lebih memperdalam pengetahuan yang masih belum tersentuh.
2.     Masyarakat Tebaban Barat Desa Tebaban, Suralaga
Dari uraian permasalah umum yang terdapat pada masyarakat Tebaban Barat, maka dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
a.       Kurangnya tenaga pendidik (Guru Mengaji) yang lebih profesional didalam cara pembelajaran baca Al-Qur’an.
b.      Kurangnya minat belajar siswa tingkat SD
                             
D.     BENTUK PROGRAM DAN TARGET MINIMAL PENCAPAIAN MASING-MASING BIDANG
1.      Progam KKN di SMA NW Tebaban
a.       Program Awal
Table 2.1 Program KKN-K di SMA NW Tebaban
NO
BENTUK PROGRAM
TARGET MINIMAL PENCAPAIAN
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
1.
Pembuatan Kaligrafi
Kelengkapan dan kecukupan
2 Minggu
2.
Pembuatan Papan Nama Kelas dan Ruang lainnya
Kelengkapan dan kecukupan
2 Minggu
3.
Pengadaan sapu dan bak sampah
Kelengkapan dan Kecukupan
1 Minggu
4
Pengadaan tiang bendera
Membangkitkan semangat nasionalisme melalui kegiatan upacara bendera
3 hari
5.
Pengadaan tanah
Perbaikan tata ruang halaman
3 Hari
6
Bimbingan Belajar Bahasa Inggris
Menigkatkan pengetahuan siswa tentang bahasa inggris dan meningkatkan kemampuan siswa dari sisi berbicara bahasa inggris
2 bulan
6
Bimbingan Belajar Bahasa Inggris
Menigkatkan pengetahuan siswa tentang bahasa inggris dan meningkatkan kemampuan siswa dari sisi berbicara bahasa inggris
2 bulan
7
Pelatihan Karya Ilmiah
Pendalaman pemahaman
1 bulan
8
Pembuatan Taman Kelas
Keindahan Dan Kerapian
3 Minggu
9
Pembersihan Lingkungan Sekolah
Kebersihan dan Kenyamanan
1 Minggu
10
Keikutsertaan dalam Kepanitiaan  Kegiatan Sekolah
Keaktifan Dalam Bekerja Sama Dalam Menyelesaikan Masalah
Kondisional
11
Pelatihan teater
Meningkatkan kereativitas siswa didalam membentuk karakter yang berbeda
3 minggu





b.     Program tambahan
1)     Perayaan tahun baru hijriah(satu muharram)
-          Shalat Berjamaah dan Yasinan pada malam satu muharram yang melingkupi tiga lembaga pendidikan yaitu, SMA NW Tebaban, MTs NW Tebaban dan MI NW Tebaban.
-          Pawai drum band
-          Pagelaran seni
1)     Pengecetan Ruang Kelas Baru (RKB)
2)     Pengaktipan upacara bendera
3)     Pengadaan bata
4)     Class meeting
2.      Program KKN-K di Masyarakat Tebaban Barat
Table 2.2 Program KKN-K di Masyarakat Tebaban barat
NO
BENTUK PROGRAM
TARGET MINIMAL PENCAPAIAN
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
1.
Bimbingan belajar baca al-qur’an
Kelancaran dan pemahaman baru dalam membaca al-qur’an
3 Bulan
2.
Bimbingan pemantapan dasar pelaksanaan syariat islam
Pemahaman dasar didalam melaksanakan bersuci, shalat dan prilaku yang mulia
3 Bulan
3
Pembuatan WC untuk masyarakat
Membantu masyarakat sekitar didalam menjaga kesehatan dan kebersihan
1 minggu ( dana dari PPL-KKN)
4
Bimbingan belajar tingkat   SD
Meningkatkan semangat dan minat belajar siswa SD
1 bulan
5
Kerohaian
Untuk lebih meningkatkan hubugan silaturrahmi antar kelompok PPL-KKN dan masyarakat sekitar.
3 Bulan (program mingguan)


BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL

A.     HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PADA MASING-MASING KEGIATAN
Ø  PELAKSANAAN PROGRAM
1.      PENGADAAN TIANG BENDERA
Penanggung Jawab : ABDURROSYID
Pengadaan tiang bendera dimaksudkan untuk menanamkan nilai nasionalisme dilingkungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Ihsan NW Tebaban, mulai dari siswa/siswi serta guru – guru. Ini diagendakan untuk mempersiapkan kegiatan apel bendera yang kita coba laksanakan setiap hari senin. Pelaksanaan apel bendera tidak mungkin terlaksana tanpa adanya tiang bendera, sehingga ini kami perioritaskan sebagai agenda paling awal dalam kegiatan KKN.  Anggaran biaya kami lakukan dengan cara sharing pendanaan, dimana hasil kesepakatan semua biaya di tanggung pihak sekolah yang jumlahnya Rp. 50.000.

2.      PENGADAAN SAPU DAN BAK SAMPAH
Penanggung jawab: NURUL ITTIHADIYAH
Dalam pengadaan sapu dan bak sampah ini dengan sengaja kita dakan karena untuk membiasakan siswa dan siswi agar terbiasa hidup bersih.dimana dalam hal ini dapat kita lihat dari kondisi sekolah khususnya di SMA NW TEBABAN ini masih jauh dari kesempunaan misalnya saja terlihat dari kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung daam proses balajar mengajar sehingga dalam rangka kegiatan PPL KK ini kami berusaha untuk merubah kondisi sekolah agar jauh lebih baik dari yang sebelumnya untuk itu kami mengadakan pembelian sapu dan bak sampah ini oada hari rabu tanggal 11 oktober 2012. Kemudian siswa dan siswi mulai untuk melakukan kegiatan membersihkan pada hari kams sampai seterusya agar tercipta suasana yang selalu bersih ,oleh karena itu dengan terciptanya hidup besih maka suasana dan tempa dalam kegiatan proses belajar mengajar akan terasa aman dan nyaman sehingga materi yang akan disampaikan guru akan lebih mudah diterima siswa.

3.      KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TEATER
Penanggung jawab: EMAYANTI
Dalam kegiatan teater, kami adakan pada hari kamis sore da senin malam. Program teater diadakan untuk melatih mental siswa dan siswi dalam bermain peran selain itu juga tujuan kami dalam mengada program teater ini agar siswa tidak merasa kaku disaat berda didepan kelas meskipun dalam proses belajar. Apabla menta suda terlatih maka siswa tidak akan merasa malu apabila berbiri didepan orang banyak. Dilaksanakan setiap hari  kamis sore dan senin malam. Pesertanya dari semua kelas X dan XI IPS yang kita targerakan  hadir semuanya.

4.      YASINAN DAN KULTUM
Penanggung jawab: NURUL HAMIDAH
Yasinan dan kultum merupakan merupakan salah satu program rutin yang sengaja dilaksanankan diposko yang pelaksanaannya diadakan satu kali seminggu yakni tiap malam jum`at. Yasinan diadakan untuk mengingatkan kita pada sang pencipta agar kita selalu dalam limpahan rahmat dan ridhonya,sedangkan kultm agar rohani kita tetap tenang dengan ceramah yang bisa menyejukkan hati,agar hati kita tidak kosong dengan palajaran agama, karena seperti yang kita lihat sekarang ini banyak sekali orang-orang yang haus akan pelajaran agama,sehingga dengan adanya kultum kita bisa memilih antara yang hak dan yang bathil, yang mana yang tidak boleh dilakukan dan mana yang boleh dilakukan, karena anyak sekali anak-anak muda disekitar kita yang masih tidak bisa membedakan antara yang benar dan salah.
5.      BIMBINGAN BACA AL-QUR`AN
Penanggung jawab: NURHAFIZAH
Dalam pengadaan bimbingan baca alQur’an ini sengaja kami adakan tiap malam terkecuali malam minggu agar anak-anak lancar dalam membaca alQur’an dan bisa mengikuti loma-lomba yang diadakan di desa tebaban .
Misalnya:
 -lomba membaca ayat-ayat pendek
 -lomba azan
 -lomba seni baca alQur’an
Selin itu juga agar anak-anak tidak berkeliaran pada malam harinya, dan alangkah baiknya kami manfaatkan untuk mengajarkan belajar membaca alQur’an, supaya mereka terbiasa dan lebih lancar dalam membaca ayat-ayat alQur’an.
“Dan yang paling terpenting untuk bekal mereka kelak di akhirat nanti”

6.      MENGAKTIFKAN KEGIATAN DOA PAGI DAN KULTUM
Koordinator:      Mutia Halatun Nisa
Tujuan:
·         Untuk menciptakan siswa-siswi yang beriman dan bertaqwa
·         Untuk membiasakan siswa-siswi memulai kegiatan belajar dengan doa
·         Membiasakan siswa berlaku disiplin
·         Memberikan siraman rohani pada siswa-siswi
·         Mempererat hubungan antar siswa dan guru
Sasaran:              siswa-siswi SMA NW Tebaban
Diskripsi Kegiatan:
                        Kegiatan doa pagi dan kultum dilaksanakan setiap hari mulai pukul 07.15-07.30 WITA. Sebelum dimulai doa pagi siswa-siswi berbaris sesuai urutan kelas. Adapun kegiatan doa pagi dilakukan oleh siswa-siswi SMA NW Tebaban, dimana setiap siswa-siswi masing-masing kelas mendapatkan giliran untuk memimpin doa. Hal ini diharapkan memberikan dampak yang positif bagi siswa-siswi tersebut. Sedangkan untuk kultum dilaksanakan setelah diadakannya doa pagi. Biasanya kultum disampaikan oleh guru yang bersangkutan, disini yang berperan adalah guru bagian kesiswaan. Kegiatan doa pagi dan kultum berlangsung setiap hari dan diharapkan terus dilaksanakan mengingat manfaat yang diperoleh bagi siswa-siswi.

7.      HIZIBAN
Koordinator:    Mihanni
Diskripsi Kegiatan:
               Hiziban merupakan salah satu program yang kami  jalankan, dalam pelaksanaannya diadakan satu kali dalam sebulan yang diikuti siswa-siswi di sekolah. Terkait dengan itu hiziban meningkatkan religiulitas semua siswa, karena dalam hiziban itu sendiri terdapat kumpulan doa-doa yang nantinya bisa bermanfaat bagi setiap siswa-siswi dalam menghadapi suatu cobaan, dan menjadi pedoman atau pegangan dalam kehidupannya, yang bisa membawa  mereka kepada kehidupan yang lebih baik. Disamping itu SMA NW Tebaban juga berada di bawah naungan NW, dimana hiziban adalah kegiatan atau amalan-amalan yang dilakukan warga NW sendiri.

8.      KERJA BAKTI
            Koordinator:ABDUL MU’IZ
Diskripsi kegiatan:
kerja bakti di adakan agar lingkungan sekolah menjadi bersih dan nyaman  karna kami lihat dari pertama kami datang kami melihat di lingkungan sekolah SMA NW Tebaban masih tidak mengutamakan kebersihan untuk itu kami mengadakan program kerja bakti kami mengajak siswa / siswa agar terbiasa hidup bersih. Selain untuk menjaga kebersiahan kami juga mengajak siswa untuk menjaga keindahan sekolah  dengan cara meratakan halaman yang masih banyak pasir, bebatuan dan lain – lain karena masih dalam proses perbaikan sekolah.
               Kami berharap apa bila kami sudah meninggalkan sekolah siswa masih tetap menjaga kebersihan dan mengadakan kerja bakti setiap hari libur sekolah.

9.      BIMBINGAN BELAJAR
Penanggung jawab : SURIYANI
          Bimbingan belajar yang kami coba adakan disekolah SMA NW Tebaban diutamakan pada mata pelajaran bahasa inggris. Karena pada bimbingan belajar bahasa inggris sudah terlaksana atau menjadi program sekolah dari sebelum kita mulai KKN di SMA NW Tebaban. Akan tetapi sudah beberapa bulan tidak terlaksana dengan baik disebabkan karena tutornya sering berhalangan hadir karena banyak kesibukannya. Selain itu, bahasa inggris juga dapat mencakup semua siswa mulai dari kelas X sampai kelas XII. Dengan begitu lebih mudah kami laksanakan. Bimbingan belajar bahasa inggris direspon dengan sangat baik oleh sebagian besar siswa. Terbukti kami dapat melakukan kegiatan dialog bahasa inggris setiap pagi jum’at. Kami laksanakan bimbingan belajar bahasa inggris ini setiap hari selasa sore dan sabtu sore dan setiap jadwalnya terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana.
10.  EKSTRAKULEKULER DRAMBAND DI SMA NW TEBABAN
KOORDINATOR : SAPRIADI
Gambaran umum ekstrakulekuler Dramband di sma nw tebaban.
          SMA NW TEBABAN adalah sebuah sekolah swasta yang bernaung di Ponpes Hidayatul Ihsan NW Tebaban yang terletak diDesa Tebaban Barat Kec. Suralaga Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB.
Di SMA NW TEBABAN memiliki beberapa kegiatan ekstrakulekuler, termasuk salah satunya kegiatan eksrakulekuler dramband, yang di ikuti oleh semua sisiwa-sisiwi SMA NW Tebaban mulai dari kelas X s/d XII.

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKULEKULER DRAMBAND DI SMA NW TEBABAN
Kegiatan ekstrakulekuler dramband di SMA NWTebaban dilaksanakan duakali dalam satu minggu yaitu pada hari sabtu dan minggu selama berlangsungnya kegiatan PPL-KKN KEPENDIDIKAN STKIP HAMZANWADI-Selong.
Yang menjadi Koordinator atau pelatih didalam  kegiatan ekstrakulekuler dramband di SMA NW Tebaban adalah : Sapriadi Pembina ekstrakulekuler Dramband di SMA NW Tebaban adalah :
Lalu Ahmad Basri, S.Pd

11.  PRAMUKA
Penanggung Jawab :  M. MUSYAWWIR GAFFAR
Gambaran umum ekstrakulekuler pramuka di SMA NW Tebaban.
          SMA NW TEBABAN adalah sebuah sekolah swasta yang bernaung di ponpes hidayatul ihsan yang terletak didesa tebaban kec. Suralaga kabupaten lombok timur provinsi NTB.
Di SMA NW TEBABAN memiliki beberapa kegiatan ekstrakulekuler salah satunya yaitu pramuka
“Praja Muda Karana “ pemuda-pemuda berkarya. Dalam kegiatan ini seorang didik menjadi insan yang disiplin dan mandiri dalam kehidupan nyata. Yang berpegang teguh pada dasa dharma dan tri satya pramuka sebagai tanggung jawab yang dijunjung tinggi oleh setiap anggota pramuka.
Pelaksanaan kegiatan ektrakulikuler ini dilaksanakan 1 kali dalam satu minggu yaitu setiap hari selasa. Adapun pembina dari kegiatan ini adalah ahmad muzakkir S.Pd

12.  BIMBINGAN KARYA TULIS
Penaggung jawab    : M. MUSYAWWIR GAFFAR
Gambaran umum tentang kegiatan ini antara lain.
          Bimbingan karya tulis ini bertujuan memediasi bakat atau keterampilan siswa dalam menulis. Dalam kegiaatan ini penaggung jawab melakukan bimbingan karya tulis puisi, dan karya tulis lainya yang  dijadikan sebagai wahana penyalur bakat mereka.
Adapun kegiatan ini dilaksanakan satu kali seminggu yaitu setiap pada hari sabtu setelah sholat asyar.

Kegiatan Program KKN-K di SMA NW Tebaban
Table 3.1 Hasil Pelaksanaan Program KKN-K di SMA NW Tebaban
No
Bentuk Program
Target minimal Pencapaian
Jangka Waktu Pelaksanaan
Keterangan Hasil Pelaksanaan
1.
Pembuatan Kaligrafi
Kelengkapan dan kecukupan
2 Minggu
Tidak terlaksana
2.
Pembuatan Papan Nama Kelas dan Ruang lainnya
Kelengkapan dan kecukupan
2 Minggu
Tuntas sampai target pencapaian
3.
Pengadaan sapu dan bak sampah
Kelengkapan dan Kecukupan
1 Minggu
Tuntas sampai target pencapaian
4.
Pengadaan tiang bendera
Membangkitkan semangat nasionalisme melalui kegiatan upacara bendera
3 Hari
Tuntas sampai target pencapaian
5
Pengadaan tanah
Perbaikan tata ruang halaman
3 Hari
Tuntas sampai target pencapaian
6
Bimbingan Belajar Bahasa Inggris
Menigkatkan pengetahuan siswa tentang bahasa inggris dan meningkatkan kemampuan siswa dari sisi berbicara bahasa inggris
2 bulan
Tuntas sampai target pencapaian
7
Pelatihan Karya Ilmiah
Pendalaman pemahaman
1 bulan
Tuntas sampai target pencapaian
8
Pembuatan Taman Kelas
Keindahan Dan Kerapian

3 Minggu
Tuntas sampai target pencapaian
9.
Pembersihan Lingkungan Sekolah
Kebersihan dan Kenyamanan
1 Minggu
Tuntas sampai target pencapaian
10
Keikutsertaan dalam Kepanitiaan  Kegiatan Sekolah
Keaktifan Dalam Bekerja Sama Dalam Menyelesaikan Masalah
Kondisional
Tuntas sampai dengan target pencapaian
11
Pelatihan teater
Meningkatkan kereativitas siswa didalam membentuk karakter yang berbeda
3 Minggu
Belum tuntas sampai dengan target
12
Pramuka
Membiasakan  sikap disiplin dan hidup mandiri
4 minggu
Tuntas sampai target pencapaian
13
Drumband
Meningkatkan kretifitas siswa
4 minggu
Tuntas sampai target pencapaian
14
Yasinan (program mingguan)
Meningkatkan insan-insan yang religius



1.      Kegiatan Program KKN di Masyarakat Tebaban Barat
Table 3.2 Hasil Pelaksanaan KKN-K di Masyarakat Tebaban Barat
No
Bentuk Program
Target Minimal Pencapaian
Jangka Waktu Pelaksanaan
Keterangan hasil pelaksanaan
1.
Bimbingan belajar baca al-qur’an
Kelancaran dan pemahaman baru dalam membaca al-qur’an
3 Bulan
Belum cukup target pencapaian
2.
Bimbingan pemantapan dasar pelaksanaan syariat islam
Pemahaman dasar didalam melaksanakan bersuci, shalat dan prilaku yang mulia
3 Bulan
Belum cukup target pencapaian
3
Pembuatan WC untuk masyarakat
Membantu masyarakat sekitar didalam menjaga kesehatan dan kebersihan
1 minggu
Tuntas sampai dengan target   pencapaian
4
Bimbingan belajar tingkat SD
Meningkatkan semangat dan minat belajar siswa SD
2 bulan
Tuntas sampai dengan target   pencapaian
  
B.     FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
1.      Kegiatan Program KKN-K di SMA NW Tebaban
Table 3.3 Faktor Pendukung dan Penghambat Program KKN-K di SMA NW Tebaban
No
Bentuk Program
Ket
Faktor
Pendukung
Penghambat
1.
Pembuatan Kaligrafi
Tidak terlaksana

-       waktu dan kerumitan
2.
Pembuatan Papan Nama Kelas dan Ruang lainnya
Terlaksana
-     Ketersediaan   alat, bahan.
-     Cukup waktu
-     Mudah dikerjakan secara kolektif dll

3.
Pengadaan sapu dan bak sampah
Terlaksana
Mudah di dapatkan dan   dilaksanakan secara kolektif


4.
Pengadaan tiang bendera
Terlaksana
Mudah di dapatkan dimana-mana

5
Pengadaan tanah
Terlaksana
Mudah dikerjakan secara kollektif

6
Bimbingan kursus Bahasa   Inggris
Terlaksana
Materi yang di sampaikan mudah dipahami oleh siswa

7
Pelatihan Karya Ilmiah
terlaksana
Siswa cepat paham

8
Pembuatan Taman Kelas
Terlaksana
-     Ketersediaan   alat, bahan.
-     Cukup waktu
-     Mudah dikerjakan secara kolektif dll

9
Pembersihan Lingkungan Sekolah
Terlaksana
-     Ketersediaan   alat, bahan.
-     Cukup waktu
-     Mudah dikerjakan secara kolektif dll

10
Keikutsertaan dalam Kepanitiaan  Kegiatan Sekolah
Terlakasana
-     Kesediaan
-     Cukup waktu
-     Mudah dikerjakan secara kolektif dll

11
Pelatihan teater
Belum terlaksana sepenuhnya

Waktu dan kondisi

2.      Kegiatan Program KKN-K di Masyarakat Tebaban Barat
Table 3.4 Faktor Pendukung dan Penghambat Program KKN-K di Masyarakat Tebaban Barat
No
Bentuk Program
Ket
Faktor
Pendukung
Penghambat
1.
Bimbingan belajar baca al-qur’an
Terlaksana
-       Kemampuan
-       Cukup waktu
-       Kesediaan

2.
Bimbingan pemantapan dasar pelaksanaan syariat islam
Terlaksana
-       Kemampuan
-       Cukup waktu
-       Kesediaan

3.
Pembuatan WC untuk masyarakat
Terlaksana
-       Kemampuan
-       Cukup waktu
-       Kesediaan

4
Bimbingan belajar tingkat SD
Terlaksana
kemampuan kerja kollektif



C.      MASALAH DAN ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
Dari beberapa point bentuk program yang ditawarkan baik dari peserta PPL-KKN maupun dari Sekolah bisa diselesaikan secara bertahap, walaupun tidak semuanya tuntas. Tentunya program yang tidak dan belum cukup target pencapaian atau ketuntasan menjadi sebuah permasalahan. Permasalahan-permasalahan program yang belum tuntas tersebut diganti dengan program lain sebgai alternatif didalam pemecahannya. Adapun  sebagai alternatif pemecahannya yaitu :
1.      Memaksimalkan kerja pada program yang cukup mampu dilakukan.
2.      Memberikan program-program lain yang sifatnya sederhana sebagai wakil dari program yang tidak terlaksana, seperti bimbingan, diskusi, arahan dan
sebagainya. Alternatif-alternatif tersebut tidak dilampirkan dan dimasukkan dalam laporan.
3.      Mempermaklumkan kepada Sekolah dan atau Masyarakat mengenai masalah yang belum atau tidak bisa mencapai target, sehingga menjadai acuan masyarakat dan sekolah untuk melanjutkan kepada peserta PPL-KKN tahun berikutnya.

D.     PEMBAHASAN MASALAH PROGRAM KERJA DAN HASIL YANG DICAPAI SECARA ANALISIS
Setelah menyusun dan merancang beberapa bentuk program kerja KKN-K yang ditawarkan kepada SMA NW Tebaban, dari segi sikap, semua program tersebut direspon baik oleh sekolah terutama Koordinator dan Kepala Sekolah. Berikut ini data secara analisis hasil pelaksanaan program KKN-K yang ditawarkan kepada SMA NW Tebaban

Table 3.5 Analisi Hasil Pencapaian Kegiatan Program KKN-K di SMA NW Tebaban
No
Bentuk Program
Ket
Tingkat Partisipasi dan Dukungan
% Ketuntasan
Peserta KKN
Pihak Sekolah
Masyarakat
1.
Pembuatan Kaligrafi
Tidak terlaksana
Cukup
Baik

0 %
2.
Pembuatan Papan Nama Kelas dan Ruang lainnya
Terlaksana
Baik sekali
Baik sekali

100 %
3.
Pengadaan sapu dan bak sampah buku perpustakaan
Terlaksana
Baik sekali
Baik sekali

100 %
4.
Pengadaan tiang bendera
Terlaksana
Cukup Baik
Baik sekali

100 %
5.
Pengadaan tanah
terlaksana
Cukup baik
Cukup baik

85%
6
Bimbingan kursus Bahasa Inggris





7
Pelatihan Karya Ilmiah
terlaksana
Cukup baik



8
Pembuatan Taman Kelas
Terlaksana
Cukup baik
Baik sekali

90 %
9.
Pembersihan Lingkungan Sekolah
Terlaksana
Cukup baik
Baik sekali

90 %
10.
Keikutsertaan dalam Kepanitiaan  Kegiatan Sekolah
Terlaksana
Cukup baik
Baik sekali

100 %
11
Pelatihan teater
Belum terlaksana sepenuhnya
Cukup
Baik

50%
12
Drumband
Terlaksana
Baik
baik

70%
12
Pramuka
Terlaksana
Baik
baik

70%








Table 3.6 Analisi Hasil Pencapaian Kegiatan Program KKN-K di Masyarakat Tebaban Barat
No
Bentuk Program
Ket
Tingkat Partisipasi dan Dukungan
Ketuntasan
(%)
Peserta KKN
Sekolah
Masyarakat
1.
Bimbingan belajar baca Al-Qur’an
Terlaksana
Baik sekali

Sangat baik

75 %
2.
Bimbingan pemantapan dasar pelaksanaan syariat islam
Terlaksana
Baik sekali

Sangat baik


70 %
3.
Pembuatan WC untuk masyarakatc
Terlaksana
Baik sekali

Sangat baik

100 %
4
Bimbingan belajar tingkat SD
Terlaksana
Baik

Baik
80%

Hasil analisis lainnya dalam bentuk dokumentasi gambar dapat dilihat dibagian lampiran laporan ini.




BAB IV
KESIMPULAN

A.     KESIMPULAN
Setelah melaksanakan kegiatan KKN-K baik di SMA NW Tebaban maupun di Masyarakat Tebaban Barat, dusun Tebaban, Suralaga serta menganalisis hasil partisipasi, dukungan peserta KKN, Sekolah dan Masyarakat serta faktor pendukung dan penghambat program.Maka disini kami dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Semua program yang ditawarkan mendapat dukungan dan partisipasi yang cukup baik baik dari peserta KKN itu sendiri maupun Sekolah dan Masyarakat.
2.      Faktor-faktor penghambat program yang masih menjadi permaslahan diberikan alternaitf lain sebagai pengganti untuk menopang program tersebut.
3.      Program-program yang terlaksana sudah mencapai 90 % ketutasan atau ketercapaian dari target yang diharapkan secara keseluruhan.
B.     SARAN-SARAN
Tentunya dalam sebuah laporan apapun bentuk dan jenisnya itu semua sangat penting atau perlu diketahui.Untuk itu laporan hasil kegiatan KKN-K yang telah terlaksana di SMA NW Tebaban dan Masyarakat Tebaban Barat Dusun Tebaban, Suralaga ini perlu diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan untuk dijadikan acuan dalam pembangunan daerah.
Adapun mengenai saran-saran yang perlu disampaikan melalui laporan ini yaitu :
1.      kepada semua kita agar memperhatikan masalah kejelasan laporan
2.      Kepada pihak Sekolah dan Masyarakat untuk dijadikan acuan didalam mejelaskan permaslahan yang belum teratasi melalui laporan.





LAMPIRAN
PPL-KKN KEPENDIDIKAN STKIP HAMZANWADI SELONG
TAHUN AJARAN 2012/ 2013
LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU
Nama : SURIYANI
Prodi   : Bahasa Inggris
NO
HARI/TGGL.
WAKTU
KEGIATAN
SASARAN HASIL
PARAF DPL
1
Selasa/9-10-2012
20.00-21.00
Bimbingan Belajar Bhs.Inggris tingkat SD
Meningkatkan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris dan menambah kosa kata bhs. inggris

2
Rabu/10-10-2012
20.00-21.00
Bimbingan Belajar Bhs.Inggris tingkat SD
Meningkatkan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris dan menambah kosa kata bhs. inggris

3
Minggu/14-10-2012
20.00-21.00
Bimbingan Belajar Bhs.Inggris tingkat SD
Meningkatkan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris dan menambah kosa kata bhs. inggris

4
Senin/15-10-2012
20.00-21.00
Bimbingan Belajar Bhs.Inggris tingkat SD
Meningkatkan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris dan menambah kosa kata bhs. inggris

5
Kamis/18-10-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

6
Sabtu/20-10-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

7
Selasa/23-10-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

8
Rabu/24-10-2012
20.00-21.00
Bimbingan Belajar Bhs.Inggris tingkat SD
Meningkatkan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris dan menambah kosa kata bhs. inggris

9
Kamis/25-10-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

10
Malam Jum’at/25-10-2012
18.30-20.00
Hiziban Bersama yg
Yang dipimpin ketua PPL-KKN
meningkatkan Keiman Taqwaan kepada Allah SWT

11
Jum’at/26-10-2012
16.00-18.00
Pemindahan batu bata bangunan sekolah baru
Supaya Bangunan cepat dikerjakan

12
Sabtu/27-10-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

13
Selasa/30-10-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

14
Rabu/24-10-2012
9.00-10.30
Pembersihan ruangan kelas bangunan baru
Supaya pelesteran lantai bangunan baru cepat dikerjakan

14
Selasa/30-10-2012
20.00-21.00
Bimbingan Belajar Bhs.Inggris tingkat SD
Meningkatkan bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa inggris dan menambah kosa kata bhs. inggris

15
Kamis/1-11-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

16
Sabtu/3-11-2012

Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa

17
Kamis/8-11-2012
16.00-17.30
Bimbingan Belajar Bahasa Ingris SMA
Meningkatkan berbicara bhs. Inggrisn dan Grammar siswa 

18
Kamis/9-11-2012
2100-23.00
Rapat pembentukan panitia 1 acara Muharam yg dipimpin oleh guru SMA bagian kesiswaan
Supaya acara 1 Muharam dapat terkoordinir 

19
Jum’at/9-11-2012
16.00-17.30
Rapar persiapan acara 1 Muharam
Supaya acara 1 Muharam berjalan dengan terstruktur

20
Kamis/15-11-2012
8.00-9.45
Pawae penyambutan 1 Muharam
Menyambung silaturrahmi antar yayasan dan masyarakat

21
Kamis/15-11-2012
19.00-21.00
Acara peringatan 1 Muharam
Untuk lebih mengingat pergantian tahun baru islam

22
Sabtu/17-11-2012
13.30-17.30
Pembuatan panggung hiburan untuk mengisi acara 1 Muharam
Supaya ada tempat acara hiburan dilaksanakan

23
Sabtu/17-11-2012
20.00-23.30
Acara hiburan mengisi 1 Muharam
Memeriahkan dan mengisi tahun baru islam




JADWAL BIMBINGAN BELAJAR TINGKAT SMA
Jadwal Bimbingan Belajar Bahasa Inggris di sekolah SMA NW Tebaban yaitu 3 kali 1 minggu, yaitu pada:
1.       Hari Selasa                        
2.       Hari Kamis
3.       Hari Sabtu
Waktu Pelaksanaan Bimbingan Belajar  yaitu mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB

DAFTAR SISWA-SISWA BIMBINGAN BELAJAR
NO
NAMA SISWA
KELAS
1
RINA BUDIAWAN
XII IPA
2
DEWI MUSTIANI
XII IPA
3
BQ. ZULAENI
XII IPA
4
INDERA WATI
XII IPA
5
BQ. SIRATUNNIHAYAH
XII IPA
6
RABIATUL ADAWIYAH
XII IPA
8
FATRIAH
XI IPS
9
SITI REHANUN
XI IPS
10
NAHRISI
XI IPS
11
SITI HARDIANTI RUKMANA
X
12
NOVI HARDIANTI
X
13
DEVI NILA SARI
X
14
PARHIATI
X
15
SABARIAH
X
16
MUSLIHATUN
X

JADWAL BIMBINGAN BELAJAR TINGKAT SD
Jadwal Bimbingan Belajar Bahasa Inggris untuk tingkat SD yaitu4  kali dalam 1 minggu yaitu pada:
1.       Malam Minggu
2.       Malam Senin
3.       Malam Selasa
4.       Malam Rabu
Waktu Pelaksanaan Bimbingan Belajar yaitu mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB
  
DAFTAR SISWA-SISWA BIMBINGAN BELAJAR TINGKAT SD
NO
NAMA SISWA
KELAS
1
SITI AQIDATUL MARDIAH
5 SD
2
SITI HUMAEROH
5 SD
3
ERNA AGUSTINA
5 SD
4
RISMA AYU PITA
4 Mi
5
SOPIATUN
5 SD
6
TINA PERNANDA INDERA
4 SD
8
SAHRANI
2 SD


STRUKTUR KEPENGURUSAN PPL-KKN KEPENDIDIKAN
STKIP HAMZANWADI SELONG
DI SMA NW TEBABAN
  





 
                                                              : GARIS KOORDINASI
                                                              : GARIS KOMANDO
  

PROGRAM KERJA
PESERTA PPL-KKN KEPENDIDIKAN STKIP HAMZANWADI SELONG
TAHUN AKADEMIK 2012/2013
DI SMA NW TEBABAN
Alamat : Jalan Raya Tebaban Desa Tebaban Kec. Suralaga  Kab. Lombok Timur
 

RENCANA KEGIATAN KKN KEPENDIDIKAN
DI SMA NW TEBABAN

NO
KRITERIA
PROGRAM
WAKTU
TUJUAN
SASARAN
ANGGARAN BIAYA
SUMBER
BIAYA
KETERANGAN
1
Sarana dan Prasarana
1.       Pengadaan  Tiang Bendera

14/10/2012
Membangkitkan semangat nasionalisme melalui kegiatan upacara bendera yang akan diadakan setiap pagi senin sebelum KBM berlangsung.
Siswa dan Dewan Guru
Rp. 50.000,
KAS PESERTA PPL-KKN KEPENDIDIKAN STKIP HAMZANWADI SELONG
TAHUN 2012

2.       Pengadaan Sapu dan Bak Sampah (NURUL ITTIHADIYAH)
15/11/2012
Menumbuhkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dalam segala aspek.
Siswa dan Dewan Guru
Rp. 100.000,
Perencanaan realisasi pada pertengahan bulan November
3.       Pembuatan Plang Sekolah
(ABDUL MU’IZ)
8/12/2012
Memperkenalkan lokasi SMA NW Tebaban.

Rp. 400.000,
diselesaikan pada awal bulan Desember
4.       Pengadaan Tanah
20/11/2012
Untuk memperbaiki tata ruang di halaman depan kantor  SMA NW Tebaban.
Siswa dan Dewan Guru
Rp. 300.000,
Realisasi pada Akhir Nopember
2
Pendidikan
1.       Bimbingan Belajar ( MUTIA HALATUN NISA )
3 x seminggu
1.       Membuka ruang sharing dalam menyelesaikan masalah-masalah pelajaran yang belum di pahami.
2.       Ikut membantu guru BP/BK dalam melaksanakan tugas membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Siswa/i
Rp. 20.000,
Di Posko PPL-KKN pada sore hari. Dimulai pada minggu ke-4 Bulan Oktober
2.       Mengefektifkan kegiatan do’a pagi
( SURIYANI )
Setiap Hari
1.       Menumbuhkembangkan suasana religius di sekolah agar tingkat berfikir dan bertindak dapat dilaksanakan secara arif.
2.       Menjunjung tinggi nilai agama dalam mengawali segala aktifitas termasuk dalam menuntut ilmu.
Siswa dan Karyawan Madrsah
 -
KAS PESERTA PPL-KKN KEPENDIDIKAN STKIP HAMZANWADI SELONG
TAHUN 2012
Mengatur semua kelengkapan berdo’a dan menjaga ketertibannya supaya tetap khusyu’



3.       Bimbingan Pembuatan Karya Tulis  ( M. MUSYAWWIR G & EMAYANTI)
1 x 2 minggu
Mempersiapkan siswa untuk menjadi pelajar yang mampu menyusun karya tulis sejak dini.
Siswa/I
Rp. 15.000,
Target kegiatan  adalah siswa mampu memahami makna karya tulis.
4.       Upacara Bendera
(  NURUL HAMIDAH )
1 x seminggu
Melatih siswa agar dapat menanamkan sikap patriotism dan dapat menghayati nilai-nilai perjuangan.
Siswa Dan Dewan Guru
_
 Akan diadakan setiap hari senin pagi sebelum KBM di mulai
3
Ekskull

1.       Kegiatan Pramuka
(M. MUSYAWWIR G. )
1 x seminggu
Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kreatifitas yang banyak di temukan pada kegiatan pramuka
Siswa


Diadakan setiap hari selasa
2.       Teater
( EMAYANTI )
1 x seminggu
Sebagai ruang untuk bakar berakting
Siswa/i

Realisasi Pada awal bulan November
3.       Drumband
(SAPRIADI)
1 x seminggu
Pengembangan kreatifitas dalam bentuk yang lain
Siswa/i

Mulai Awal bulan November
4
Religious
1.       Hiziban
( MIHANNI)
1 x sebulan
Mananamkan nilai spiritual yang cerdas kepada siswa
Siswa/i
Rp. 30.000,
Diawali dari pengurus OSIS SMA NW Tebaban.
2.       Yasinan & Kultum ( NURHAFIZAH )
1 x seminggu
Untuk melatih mental siswa melalui kegiatan do’a dan pidato.
Siswa/i

KAS PESERTA PPL-KKN KEPENDIDIKAN STKIP HAMZANWADI SELONG
TAHUN 2012
Dilaksanakan setiap pagi jum’at setelah do’a bersama dirangkai dengan kegiatan  pada PPLs.
3.       Bimbingan  Baca Al-Qur’an ( ABDURROSYID )
1x seminggu
Melatih siswa dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengah hokum tajwid.
Siswa/i

Pelaksanaannya disesuaikan.
Jumlah
Rp. 915.000

Perkiraan Total biaya program KKN, berpusat di sekola h SMA NW Tebaban Tahun 2012
                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Tebaban, 10 Oktober 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA NW Tebaban,


TTD

H. ABDUL GAFUR, S.Pd
Ketua Kelompok (Posko),





ABDURROSYID
NPM : 09230002



0 komentar:

Posting Komentar