Pages

Blogger Themes

Jumat, 07 Juni 2013

HUKUM-HUKUM FISIKA sederhana

mari kita simak dengan seksama, nanti habis baca klikan like-nya jangan di lupa... hehehe

Hukum Archimedes
Kalau suatu benda dicelupkan ke dalam suatu zat cair, maka benda itu akan mendapat tekanan ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang terdesak oleh benda tersebut.
Hukum Avogadro
Jika dua macam gas atau lebih sama volumenya, maka gas-gas tersebut sama banyak pula jumlah molekul-molekulnya masing-masing, asal temperatur dan tekanannya sama pula.
Hukum Boyle
Jika suatu kwantitas dari suatu gas ideal (yakni kwantitas menurut beratnya) mempunyai temperatur konstan, maka hasil kali volume dan tekanannya juga merupakan bilangan konstan.
Hukum Newton
I Newton
"Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol,maka benda yang mula2 diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan".

II Newton
Perceoatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan masa benda".

II Newton
"Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan".

Hukum Ohm
Jika suatu arus listrik melalui suatu penghantar, maka kekuatan arus tersebut adalah sebanding-selaras dengan tegangan listrik yang terdapat diantara kedua ujung penghantar tadi.
Hukum Pascal
Jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya.
Hukum Snellius
  1. Jika suatu cahaya melalui perbatasan dua jenis zat cair, maka garis semula tersebut adalah garis sesudah sinar itu membias dan garis normal dititik biasnya, ketiga garis tersebut terletak dalam satu bidang datar.
  2. Perbandingan antara sinar-sinar dari sudut masuk dan sudut bias adalah bias.
Hukum Plank
Bahwa energi merupakan suatu besaran yang di pancaran oleh sebuah benda dalam bentuk paket – paket kecil terputus – putus,bukan dalam bentuk pancaran molar. Paket –paket itu dikenal dengan sebutan kuanta.

Hukum Hooke
hukum Hooke menyatakan semakin besar gaya yang bekerja pada pegas, semakin besar pertambahan panjang pegas. Besar gaya sebanding atau berbanding lurus dengan pertambahan panjang pegas. Perbandingan antara besar gaya terhadap pertambahan panjang pegas benrilai konstan.
Hukum Kepler
1. Hukum Kepler I
       Setiap planet bergerak dalam lintasan berbentuk elips dengan matahari berada        pada salah satu titik fokusnya.
       2. Hukum Kepler II
                   Garis yang menghubungkan planet dan matahari selalu nenyapu luas                                daerah yang sama selang waktu yang sama.
                   3. Hukum Kepler III
                               Kuadrat periode suatu planet sebanding dengan pangkat tiga jarak                        rata-rata planet ke matahari.
Asas Dopler
Menyatakan apabila pendengar dan sumber bunyi saling mendekati mak akan terdengar bunyi lebih tinggi dari pada jarak antara pendengar dan sumber bunyi tetap.

Hukum Coulumb
Menyatakan bahwa besaran gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda yang nermuatan listrik, sebanding dengan besarnya muatan benda masing-masing dan berbanding dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut.

Hukum Faraday  
menyatakan bahwa g.g.l induksi berbanding lurus atau sebanding dengan kecepatan konduktor memotong garis - garis gaya magnet.

Hukum Kirchhoff 
Menjelaskan
a. Tiap-tiap gas atau uap menyerap warna cahaya tertentu yang dipancarkannya sendiri dalam keadaan berpijar

      b.  menyatakan bahwa dalam rangkaian bercabang kuat arus yang masuk pada suatu titik cabang sama dengan kuat arus yang keluar dari titik cabang itu.
Jumlah arus masuk = jumlah arus keluar
      
Hukum Pemantulan
Menyatakan bahwa bunyi datang, garis normal dan bunyi pantul terletak pada satu        bidang datar
Sudut datang = sudut pantul


Hukum Pemantulan Cahaya
Menyatakan sinar datang, garis normal dan sinar pantul terletak pada sebuah bidang datar
Sudut datang = sudut pantul

Semoga artikel ini dapat membatu, dalam menyelesaikan study anda. Ini hanyalah sebagian dari HUKUM FISIKA yang ada. Nanti akan kita dilain waktu akan kita sempurnakan. Terima kasih..

Refrensi : buku fisika

0 komentar:

Posting Komentar